Kamis, 20 Juni 2013

TEKNIK MEMBANGKITKAN ENERGY CHi (tenaga dalam murni) versi https://www.facebook.com/

 

Kuda-Kuda Dasar Dalam TAI CHI…

‘Akarnya ada di kaki, diambil dari kaki, dikendalikan oleh pinggang, diwujudkan di tangan dan jari’
Karena permintaan seorang pembelajar, akhirnya saya mencoba share sedikit pengetahuan praktis tentang kuda-kuda dalam Tai Chi, dengan bahasan singkat dan semoga lebih jelas karena kehadiran gambar-gambarnya. Walaupun demikian, saya selalu menyarankan untuk tetap menanyakan langsung pada praktisi yang ada disekitar anda secara langsung agar posisinya benar dan tidak menimbulkan cedera.
Secara umum, ada 5 kuda-kuda dasar dalam Tai Chi yang harus diketahui oleh praktisi pemula atau pembelajar. Kelima kuda-kuda ini mendasari keseluruhan jurus ketika memeragakan gerakan kontinyu sesuai aliran chi secara keseluruhan.
Kuda-kuda dasar itu adalah :
a. Kuda-kuda Utama atau Kuda-kuda Naik Domba
Kuda-kuda utama atau Kuda-kuda naik Domba ini merupakan kuda-kuda pembuka dan penutup dalam rangkaian jurus Tai Chi. Posisinya merupakan posisi dimana keseluruhan berat badan dibagi rata oleh kedua kaki yang agak dilebarkan dan sedikit menekuk lutut. Jadi keseluruhan berat tubuh akan dibagi 50% di kaki kiri dan 50% di kaki kanan dengan titik berat di Yang Quan.
Lebih jelasnya lihat gambar dibawah post ini.
utamax
b. Kuda-kuda Karakter Aliran atau Kuda-kuda Empat-enam
Kuda-kuda ini disebut Karakter Aliran karena pada kuda-kuda ini mulai terjadi pembagian distribusi berat tubuh pada kaki kiri atau kaki kanan. Disebut juga Kuda-kuda Empat-enam, karena ada kaki kiri dan kaki kanan masing-masing akan menahan bobot tubuh dengan perbandingan 40% : 60%. Artinya salah satu kaki menahan bobot tubuh 40%, dan kaki lainnya menahan bobot 60%.Memang terjadi aliran gerak, aliran bobot keseimbangan dan aliran energi tentunya.Posisinya tetap dilakukan dengan sedikit menekuk lutut kedepan, seperti gambar.
empatenamx
c. Kuda-kuda Busur/Lipatan Panah
Seperti namanya, posisi kaki kuda-kuda ini akan membentuk Busur Panah yang diregangkan.salah satu kaki berada didepan dan kaki lainnya berada dibelakang. Kaki depan terlipat, lutut menekuk, mata kaki menyerong 45 derajat. Kaki depan berpijak kuat dengan posisi badan agak condong kedepan (dalam posisi ini berat tubuh yang ditahan oleh kaki depan sekitar 80%), sedangkan kaki lainnya memberikan keseimbangan kebelakang (dengan 20% berat tubuh terdistribusi). Agar lebih gamblang, lihat gambar.
busur-panahx
d. Kuda-kuda Kaki Keliru atau Kaki Semu
Kuda-kuda Kaki Keliru atau Kaki Semu sebenarnya merupakan kuda-kuda transisi untuk melanjutkan kuda-kuda berikutnya, baik itu kepada Kuda-kuda Karakter Aliran atau Kuda-kuda Kaki Tunggal. Posisi kuda-kuda ini adalah dengan Berdiri sementara pada salah satu kaki (dengan berat badan hampir 90% sd 95% pada kaki tersebut), dan kaki yang satunya berada didepan tubuh (dengan hanya menapak ringan 10% sd 5%). Posisinya tetap dilakukan dengan menekuk lutut sedemikian rupa dan tetap dalam kondisi setimbang. hal itu diperlihatkan dalam pose berikut.Gerakan ini dalam aplikasi tempur/fighting biasanya dilakukan dengan cepat, karena akan berubah menjadi kuda-kuda yang lebih setimbang. Lihat gambar…
kakikelirux
e.Kuda-kuda Kaki Tunggal
Seperti namanya, Kuda-kuda Kaki Tunggal berarti berat tubuh hanya bertumpu disalah satu kaki. Kuda-kuda ini dilakukan ketika melakukan gerak menendang atau mengangkat lutut dalam beberapa jurus tertentu. Lihat gambar..
tunggalx
Kuda-kuda dasar tersebut  dapat dilatih secara terpisah bila perlu, namun hasil akhirnya tetap tergantung pada sampai seberapa teguh dan sabar anda berlatih. Lebih baik jika peletakan kaki dan penempatan proporsi beban tubuh dilakukan dengan gerakan yang lembut, pelan dan dirasakan hingga terasa tiap ruas tulang dan otot tubuh (terutama tubuh bawah , pinggang dan kaki) berada dalam kondisi dan tempatnya masing-masing, untuk mencegah terkilir atau keseleo. Gunakan rasa anda…Ingin mencoba? ??…

 

 

 

TEKNIK MEMBANGKITKAN ENERGY CHi (tenaga dalam murni) versi https://www.facebook.com/

Mungkin anda pernah belajar teknik membangkitkan tenaga dalam di perguruan silat. dan anda berhasil menguasainya. dari situ anda punya kemampuan mematahkan besi dragon, kayu, batu beton dll. dan mungkin tenaga dalam itu bisa memukul orang tanpa harus menyentuhnya.
bayak sekali cara dan memfaat dari tenaga dalam.

Beberapa cara membangkitkan tenaga dalam yaitu dengan,,,
1. mengolah pernapasan.
2. dengan melakukan gerakan jurus sakti.
3. dengan puasa.
4. dengan kekuatan pikiran.
dan masih banyak lagi cara untuk memdapatkan tenaga dalam. 

Dan saya punya cara membangkitkan energi chi atau tenaga dalam murni yang telah saya modifikasi. tetapi perlu anda ketahui energy ini bukan untuk beladiri atau mematahkan benda-benda keras. energy ini hanya digunakan untuk menyehatkan tubuh, menambah stamina agar kita sehat.
dan energy ini pun bisa untuk menyembuhkan penyakit diri sendiri.

MENGAPA ENERGY INI TIDAK BISA UNTUK BELADIRI

Karena energy ini sangat halus sekali, energy ini tidak dapat merusak organ-organ tubuh manusia. sebab itu energy ini bisa digunakan untuk swahusada(menyembuhkan). dan cara membangkitkannya pun tidak pakai jurus-jurus yang keras apalagi kompleks.
gerakan teknik ini sangat sederhana dan lembut sekali seperti para ahli kungfu sedang berlatih  Tai chi. tetapi yang saya ajarkan ini bukan tai chi.

BAGAIMANA CARA BELAJARNYA

Perbedaan teknik ini dengan teknik yang lain adalah terletak pada gerakannya. saya membuat gerakan dengan bentuk segitiga di akhir gerakan. mengapa harus membentuk gerakan segitiga. saya tidak jelaskan di artikel ini. karena itu sangat filosofis sekali dan masih jadi rahasia saya.
jangan khawatit saya tetap akan memberikan tekniknya tanpa harus menjelaskan filosopfi itu.

SYARAT MEMULAI LATIHAN

1. bersihkan pikiran dari kenegatifan
maksudnya adalah anda harus membuang rasa benci terhadap seseorang. karena rasa benci merupakan sebuah bentuk energy negatif yang bisa menghalang tenaga dalam anda untuk bangkit.
2. bersikap "yakin"
maksudnya anda harus percaya bahwa anda akan merasakan energy yang sangat dasyat mengelilingi anda saat latihan.
3. jangan banyak bicara ketika latihan sedang berlangsung
4. jangan berlatih di dekat alat-alat elektronik(tv, radio, atau handphone).
5. lebih baik berlatih di alam terbuka

Langkah-langkah latihan sebagai berikut,,,,
a. ambil posisi berdiri kemudian bentuk segitiga dengan menyatukan kedua telapak tangan di bawah pusar.
b. tarik napas perlahan sambil mengangkat kedua tangan anda yang berbentuk segitiga tersebut sampai di atas dada anda.
c. tahan napas, sambil memutar telapak tangan ke arah bawah selama 5 hitungan. kemudian tangan diturunkan ke bawah pusar lagi sambil membuang napas secara perlahan.
d. lakukan secara berulang selama 30 menit.

Yang harus dingat:
ambil dan buang napas harus balance dengan gerakan tangan anda.

demikian teknik sederhana dari saya semoga bermanfaat.
NOTE: -jika teknik yang anda pelajari sama dengan teknik saya dalam artikel ini mungkin ini suatu kebetulan. karena teknik versi saya ini pernah saya ajarkan kepada rekan-rekan saya. dan hanya di blog ini saya berbagi informasi.

3 komentar:

  1. ini mengambil artikel yang sama dari Master Yakzone ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. +Yoga mungkin artikel "Master Yakzone"copas dari artikel di sini:v ,menurut saya!

      Hapus